Beranda > Info, Tokoh > Sisi Lain Osama bin Laden

Sisi Lain Osama bin Laden

image

Siapa yang tak kenal dengan gambar di atas ini, bukan? Ya, dia adalah Osama bin Laden. Tokoh yang selama bertahun-tahun terus dicari-cari oleh pemerintah Amerika Serikat dan sekutunya melalui Central Intellegence Agency alias C.I.A.

Ussamah bin Muhammad bin Awad bin Ladin atau yang lebih kita kenal sebagai Osama bin Laden, lahir pada tanggal 10 Maret 1957. Ayahnya adalah seorang milyarder asal Saudi Arabia, Muhammad bin Awad dari istrinya yang ke-10, Hamida al Attas.

Osama pernah mengenyam pendidikan di salah satu sekolah elit di Arab Saudi dan kemudian melanjutkan kuliah di Universitas King Abdul Aziz dengan mengambil mata kuliah pendidikan Bisnis Administrasi. Pada usia menginjak 17 tahun, dia menikah dengan wanita asal Syria yaitu, Najwa Ghanem. Hingga akhir hayatnya, Osama telah menikah sebanyak 6 kali dan memiliki sekitar 20 sampai 26 orang anak.

Mantan mujahid yang pernah membantu milisi Afganistan dari penjajah rezim Uni Soviet ini meroket namanya setelah dianggap terlibat dalam tragedi 11 September 2001 dimana Osama dianggap oleh pemerintah AS dan sekutunya sebagai.otak/dalang dari pembajakan pesawat Boeing yang menabrakkan ke menara kembar WTC (yang sekarang wilayah tersebut lebih terkenal sebagai Ground Zero untuk mengenang korban yang tewas dalam tragedi tersebut).

Pria yang dikatakan merupakan fans dari klub sepakbola asal Inggris, Arsenal FC ini membentuk organisasi Al-Qaida pada tahun 1988 yang mengatasnamakan jihad islam yang menentang kebiadaban Israel dan dunia Barat dalam memperlakukan umat Muslim. Akibatnya pada tahun 1998, C.I.A dan FBI memasukkannya ke daftar hitam 10 orang teroris paling dicari di muka bumi. Dan setelah peristiwa 11 September 2001 sampai tahun 2011 statusnya meningkat menjadi orang nomor 1 yang paling dicari keberadaannya oleh pemerintah Amerika Serikat. Sampai-sampai pihak AS menghargai Osama senilai 25 juta dolar bagi siapa saja yang berani memberikan info keberadaan Osama bin Laden.

George W. Bush yang kala itu masih menjabat presiden Amerika Serikat pernah membuat statement, yang isinya kurang lebih seperti ini, “Hal yang paling penting bagi kami saat ini adalah untuk mencari dimana Osama berada. Dialah prioritas kami dan kami tidak akan pernah istirahat sampai kami benar-benar menemukan tempat persembunyiannya.”

Dan akhir dari perburuan panjang seorang Teroris Dunia pun tiba juga. Pada tanggal 2 Mei 2011 (pihak Al Qaida menyebut tanggal 6 Mei), pasukan yang dimotori oleh unit satuan khusus Navy SEALs melakukan penyerbuan ke sebuah rumah di daerah Abbotabad, Pakistan yang mereka anggap sebagai tempat persembunyian dari pimpinan Al Qaida tersebut. Dengan menggunakan code name Operation Neptune Spear sebagai nama dari misi paling berbahaya ini berhasil menembak mati Osama bin Laden. Kematian Osama di Abbotabad ini banyak menuai kontroversi dan kesimpangsiuran berita. Dimulai banyak yang meragukan bahwa yang ditembak mati itu Osama bin Laden dikarenakan Pentagon begitu tertutup dalam pembeberan kasus ini dan keterlambatan pihak Pentagon dalam pengumuman hasil tes DNA. Dan munculnya buku kontroversial yang ditulis oleh orang yang ikut dalam misi penembakan Osama bin Laden yang tidak sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh pihak pemerintah AS melalui Pentagon. Ketidaksesuaian itu antara lain kabar mengenai penembakan Osama itu sendiri, di dalam buku ditulis bahwa Osama ditembak ketika melongok keluar jendela tanpa membawa senjata sedangkan menurut Pentagon bahwa pasukannya terpaksa menembak Osama dikarenakan dia terlebih dahulu menodongkan senjata ke arah Navy SEALs. Banyaknya perbedaan (saya hanya menyertakan satu contoh saja dalam tulisan saya, untuk lebih jelasnya kalian bisa search di Google mengenai hal tersebut) membuat peristiwa kematian Osama bin Laden menjadi amat rancu dan sedikit diragukan kebenarannya, entah siapa yang berbohong, apakah itu dari seseorang yang mengatasnamakan salah satu dari pasukan Navy SEALs yang mengambil operasi itu ataukah pihak Pentagon yang berusaha menutup-nutupinya? Kalian bisa menentukannya sendiri.

Sungguh sulit jika harus membahas mengenai sosok yang satu ini karena begitu banyak pihak ‘berbahaya’ yang terlibat didalamnya. Namun mudah-mudahan tulisan saya ini bermanfaat bagi kalian semua yang ingin mengenal sosok yang menjadi orang nomor satu yang paling dicari di muka bumi ini oleh AS dan para sekutunya, Ussamah bin Muhammad bin Awad bin Ladin ini.

Terimakasih dan sampai jumpa di tulisan saya berikutnya 🙂

Kategori:Info, Tokoh
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar