Beranda > Info, Tokoh > Francisco Pizarro

Francisco Pizarro

image

Ada yang kenal dengan sosok pria yang satu ini?

Dia adalah Francisco Pizarro, petualang berkebangsaan Spanyol ini lahir pada tahun antara 1471 sampai 1476 (banyak perdebatan ahli sejarah dalam menentukan tahun kelahirannya karena minimnya informasi).

Beliau memulai petualangannya dengan menjelajah pantai barat dari Amerika Selatan. Dia telah mendengar dongeng tentang peradaban suku Inca dan kekayaan berupa emas dan perak. Pada sekitar tahun 1527, Pizarro dan beberapa orang pengikutnya mendarat dekat kota Tumbes, sebuah kota orang Inca di pantai utara Peru; mereka menjadi orang kulit pertama yang menginjakkan kaki di Peru.
Pizarro melihat harta yang cukup banyak di Tumbes untuk meyakinkan diq bahwa legenda mengenai suku Inca adalah benar adanya. Dia kembali pada tahun 1532 dengan sekitar 180 orang, yang kemudian ditambah dengan pasukan Spanyol yang lain. Pada akhir tahun 1533, orang Spanyol dengan mudah menaklukkan sebagian besar wilayah Peru, termasuk kota Cusco yang menakjubkan, yang merupakan pusat kota dari suku Inca pada masa itu.

Dan perlu agan-agan ketahui bahwa pada tahun 1535, Pizarro-lah yang mendirikan kota Lima, yang kemudian pada zaman sekarang lebih dikenal sebagai ibukota dari negara Peru dan menjadi pusat pemerintahan Spanyol di Amerika Selatan. Pada tanggal 26 Juni 1541, Francisco Pizarro Gonzales akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya setelah dedikasinya menaklukkan wilayah suku Inca dan memperluas wilayah dagang Spanyol.

Sumber: Tell Me About? History and Events dengan berbagai perubahan.

Kategori:Info, Tokoh
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar